Minggu, 20 Desember 2015

5 Bangunan Bersejarah di Inggris

5 Bangunan Bersejarah di Inggris

Inggris terkenal dengan bangunan bersejarahnya. Setiap bangunan itu memiliki keunikan historis dan arsitektur. Nah, berikut adalah 5 landmark sejarah yang patut Anda kunjungi.
  • Stonehenge
stonehenge-aAnda pasti terkagum-kagum saat mengunjungi salah satu situs megalitik terbesar di dunia ini. Stonehenge adalah situs yang terbentuk dari batu-batu besar persegi dan disusun melingkar yang berada di padang rumput.
Stonehenge merupakan sebuah bangunan yang terdiri dari tiga puluh batu tegak yang biasa di sebut sarsens dengan ukuran yang sangat besar. Tinggi batu bervariasi sekitar empat sampai sepuluh meter dengan berat kira-kira 26 ton. Semua batu tersebut disusun tegak melingkar yang disebut megalithikum.
Terdapat perdebatan mengenai usia sebenarnya lingkaran batu itu, tetapi kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa sebagian besar bangunan Stonehenge dibuat antara 2500-2000 SM. Bundaran tambak tanah dan parit membentuk fase pembangunan monumen Stonehenge sekitar 3100 sebelum Masehi. Tempat ini dimasukkan dalam daftar warisan dunia UNESCO pada tahun 1986. 
  • Hadrian Path
Hadrians-Wall-InggrisTembok Hadrian merupakan daya tarik wisata paling populer di Inggris sekaligus warisan peninggalan sejarah Romawi. Tembok tersebut merupakan sebuah benteng pertahanan yang panjangnya diperkirakan bisa mencapai 117 km. Dari Segedunum, Wallsend, Sungai Tyne hingga ke Pantai Solway Firth, Inggris Selatan. Sedangkan lebar tembok mencapai 6 meter dan tinggi 3,5 meter. Pembangunannya dimulai pada 122 Masehi saat pemerintahan Kaisar Hadrian.
Sejarah berdirinya Tembok Hadrian yaitu ketika Kekaisaran Romawi pertama kali menginvasi Inggris pada tahun 55 Masehi di bawah kekuasaan Julius Caesar. Tapi setelah lebih dari satu abad Romawi hanya bisa merebut Inggris Selatan. Mereka tidak bisa merebut Inggris Utara karena selalu dikalahkan oleh suku Barbar di Celtic. Karena hal tersebut Kaisar Hadrian memerintahkan pembangunan tembok pertahanan yang bisa mempertahankan kekuasaan Romawi di Inggris sekaligus sebagai simbol pemisah antara wilayah Romawi dengan suku Barbar.
  • Kastil Windsor
windsor-castle-Windsor adalah kastil abad pertengahan dan kediaman resmi Kerajaan Britania Raya tepatnya di daerah Windsor, Berkshire, Inggris. Kastil ini terkenal karena sudah lama dihuni oleh keluarga kerajaan Inggris dan juga karena arsitekturnya yang megah.
Kastil ini dibangun setelah invasi kerajaan Norman oleh William Sang Penakluk. Pada masa pemerintahan Henri I, kastil mulai digunakan sebagai kediaman resmi bagi keluarga kerajaan Inggris. Lebih dari lima ratus orang tinggal dan bekerja di Kastil Windsor, sehingga menjadikannya sebagai kastil kuno terbesar yang dihuni di dunia.
Pada awalnya kastil ini dirancang untuk melindungi dominasi Norman di sekitar pinggiran kota London dan untuk mengawasi bagian strategis dari Sungai Thames. Struktur bangunan terbuat dari batu, dan benteng ini bertahan selama pengepungan berkepanjangan pada saat perang Baron pada awal abad ke-13. Henry III kemudian membangun istana megah di dalam kastil selama abad pertengahan. Edward II selanjutnya mengembangkan kembali kastil menjadi lebih megah, bahkan pembangunannya saat itu disebut sebagai proyek bangunan yang paling mahal pada abad pertengahan di seluruh Inggris. Selama periode Tudor, Henry VIII dan Elizabeth I meningkatkan penggunaan kastil sebagai tempat tinggal resmi kerajaan dan pusat hiburan diplomatik. 
  • Istana Buckingham
Gate-of-Buckingham-PalaceIstana Buckingham atau Buckingham Palace adalah istana termegah di Inggris yang menjadi kediaman resmi ratu Inggris. Istana ini adalah tempat untuk peristiwa-peristiwa kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan menjadi destinasi wisata. Selain sebagai pusat pemerintahan, Buckingham Palace juga menjadi tampat berkumpulnya masyarakat Britania Raya.
Terdapat banyak ruangan, lorong dan taman yang sangat luas yang bisa Anda jelajahi. Ruangan-ruangan dalam istana ini memiliki ciri khas dinding putih dan keemasan dengan karpet merah terhampar. Hal ini membuat ruangan terkesan megah dan elegan. Jika melihat keluar jendela, Anda akan disuguhi pemandangan taman yang luas dan indah. Untuk menikmati semuanya Anda tidak perlu khawatir tersesat karena ada pemandu wisata yang akan menemani.
  • Tower of London
tower-of-london-at-nightTower of London merupakan salah satu ikon penting dalam sejarah Inggris. Mulai dibangun pada tahun 1066, merupakan tanda penaklukan tanah Inggris oleh William, Duke of Normandy, seorang bangsawan Perancis. Penaklukan ini merupakan babak baru dari sejarah dan budaya Inggris.
Tower of London berada di perbukitan yang menambah daya tariknya. Dari sana Anda dapat melihat dataran Inggris yang luas. Konon katanya tempat ini memang sengaja dibuat untuk memantau keadaan sekitar. Ada satu periode, sekitar tahun 1.100, kastil ini menjadi penjara dan tempat penyiksaan tahanan politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar